Sakit Asam Lambung Tengah Malam? Solusi Tercepat di SehatQ.com

Lambung merupakan masalah pada pencernaan yang kerap sekali bangkit saat malam hari. Anda yang mengalami masalah asam lambung ini akan tidak nyaman saat tidur. Jadi, bisa menemukan cara mengatasinya dengan mudah di SehatQ.com. Berikut cara yang bisa dilakukan agar tidak kambuh saat tengah malam.

  1. Menghindari Pemicu

Cara paling awal yang bisa dilakukan sebelum kambuh adalah menghindari makanan atau minuman pemicu asam lambung. Di antaranya yaitu makanan yang rasanya pedas akan berisiko, jadi Anda harus mengurangi konsumsi makanan ini di malam hari.

Makanan bersifat asam juga bisa menjadi pemicunya, dan hindari juga makanan berminyak serta makanan junk food. Adapun minuman yang harus Anda hindari di malam hari agar asam lambung tidak kambuh adalah minuman berkafein dan bersoda.

  1. Porsi dan Jadwal Makan

Anda harus bisa mengatur porsi makan di malam hari agar tidak kebanyakan karena bisa membuat asam lambung naik. Selain itu, jadwal makan juga jangan terlalu malam karena lambung membutuhkan waktu beberapa jam untuk melakukan pencernaan pada makanan yang Anda makan.

Makanlah dengan porsi lebih sedikit dibandingkan saat siang hari. Setelah selesai makan jangan langsung berbaring, minimal dua sampai tiga jam karena berisiko asam lambung bisa naik. Makanlah dengan perlahan jangan terlalu cepat atau terburu-buru. Selain itu, hindari mengonsumsi camilan menjelang tidur.

  1. Posisi Tidur

Dokter online yang Anda ajak berkonsultasi juga akan menyarankan untuk mengatur posisi tidur. Di mana posisi tidur juga mempengaruhi proses sistem pencernaan makanan dan kondisi asam lambung. Posisi yang dianjurkan dengan berbaring menghadap ke kiri saat Anda tidur.

Jaga bagian tubuh atas lebih tinggi dari pada lambung agar posisi lambung dan kerongkongan tidak sama tinggi. Anda bisa mengaturnya dengan menggunakan bantal yang ketebalannya 15-25 cm. Bagian yang harus tinggi posisinya tidak hanya kepala tapi badan bagian atas yaitu sampai ke dada. Anda harus memilih bantal yang nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Diet Karbohidrat

Cara selanjutnya yang disarankan adalah Anda harus melakukan diet karbohidrat yaitu tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Tahukah Anda, ternyata asam lambung bisa naik karena pertumbuhan bakteriĀ  yang disebabkan oleh karbohidrat yang tidak dapat dicerna dengan baik.

Jadi kurangilah mengonsumsi karbohidrat dan perbanyak sayuran ataupun lauknya, terutama di malam hari. Jika Anda tidak terbiasa, bisa mencoba makan di sore hari sebagai solusi. Jadi masih ada beberapa jam menjelang tidur makan untuk dicerna. Namun, jika tidak bisa jangan dipaksakan makan terlalu banyak di malam hari.

  1. Hindari Bawang Mentah

Makanan dengan rempah-rempah tentu saja rasanya lezat, terkhusus bawang merah yang sering sekali digunakan untuk bumbu masakan. Anda yang asam lambungnya lagi bermasalah sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan bawang merah yang mentah.

Hal ini harus dihindari karena bisa membuat asam lambung naik. Selain itu makanan dengan adanya bawang merah mentah dapat mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga Anda menjadi mulas. Jangan dianggap sepele, Anda harus bisa mengontrol diri. Salah satu contoh makanannya seperti acar.

Solusi cepat untuk mengatasi asam lambung ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Jika membutuhkan informasi lebih banyak terkait penyakit lambung bisa menghubungi dokter online yang ada di website SehatQ. Anda bisa melakukan konsultasi kapan saja sesuai kebutuhan secara gratis. Informasi akan didapatkan dengan mudah dan cepat jadi tidak perlu panik di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *