Perbedaan Mio Biasa degan Mio GT

Yamaha mengeluarkan skuter matik Mio dengan seri terbaru GT. Seri ini merupakan reinkarnasi Mio sporty dengan beberapa penyesuaian agar lebih relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Berikut ini adalah perbedaan Mio biasa dengan Mio GT.

Desain

Aspek yang paling membedakan adalah dari segi desain. Dibandingkan dengan Mio biasa, seri GT memiliki desain yang berkesan kokoh, kuat, elegan dan maskulin. Motor ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari muscle car. Hal tersebut terlihat dengan bentuk lampu depannya yang mirip dengan grill depan mobil amerika dan lampu senja yang berbentuk eagle eye.

Perubahan ini dibuat sesuai target pasar, dimana Mio biasa ditujukan untuk motor keluarga, sedangkan Mio seri GT ditujukan untuk pengendara laki-laki. Selain lampu depan, bentuk body motor juga mempertegas kesan maskulin dan elegan dengan lekukan-lekukan tajam serta bentuk fairing yang meruncing secara proporsional memberikan kesan agresif dan gahar.

Fitur

Perkembangan teknologi sepeda motor membuat fitur menjadi aspek lain yang membuat perbedaan Mio biasa dan GT menjadi signifikan. Seri GT yang merupakan keluaran terbaru memiliki kelebihan berupa berbagai fitur Andalan Yamaha, seperti  EcoLamp Indicator, Smart Lock System, Integrated Key Shutter dan Smart Stand Switch.

EcoLamp Indikator Merupakan fitur yang sangat berguna dalam memberikan informasi yang akurat tentang berkendara secara ramah lingkungan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Fitur EcoLamp Indikator ini akan otomatis menyala saat motor melaju dengan kecepatan 40 km/jam sampai 60 km/jam.

Fitur Integrated Key Shutter, merupakan teknologi terbaru dari Yamaha yang berguna untuk mendukung sistem keamanan kunci dengan serta mempermudah dalam membuka bagasi. Mio biasa perlu melepas kunci saat ingin membuka bagasi, sedangkan pada seri GT Anda bisa membuka bagasi dengan memutar ke kiri dari posisi off tanpa perlu mencabut kunci.

Kemudian ada juga fitur Smart Lock System, fitur ini membuat pengereman menjadi lebih aman dan praktis ketika berkendara pada jalanan yang menanjak atau menurun. Terakhir, ada fitur Smart Stand Switch untuk menambah sistem keamanan saat berkendara, dimana ketika standar samping dalam kondisi menyangga, Mesin kendaraan tidak dapat dihidupkan.

Mesin

Kedua motor ini sama-sama menggunakan mesin dengan 4 strole 2 valve SOHC berpendingin udara. Rasio Kompresi Yamaha Mio biasa lebih rendah 8,8:1, sedangkan seri GT 9,5:1. Rasio kompresi yang rendah memang sangat aman untuk bahan bakar dengan oktan rendah seperti Premium, namun tenaga yang dihasilkan kurang maksimal.

Yamaha Mio GT juga memiliki kelebihan dalam sistem pembakaran mesin yang sudah mengusung teknologi Fuel Injection (FI). Teknologi ini membuat Seri GT memiliki pembakaran yang lebih efisien dan tentunya lebih hemat bahan bakar, dibandingkan dengan Mio biasa yang belum mengusung teknologi FI.

Suspensi

Perbedaan lain yang paling terasa perbedaannya adalah suspensi. Suspensi tipe stiff yang diusung oleh Mio biasa belum mampu untuk meredam getaran saat berkendara dijalan yang kurang rata. Sedangkan pada seri GT suspensi yang digunakan sangat tangguh dan mampu meredam getaran dengan sangat baik.

Yamaha Mio seri GT mempercayakan suspensi depannya dengan sistem Teleskopik, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan suspensi berjenis Unit Swing. Gabungan kedua suspensi inilah yang membuat proses peredaman getaran menjadi lebih maksimal.

Itulah beberapa aspek yang membedakan Yamaha Mio  biasa dengan Yamaha Mio GT keluaran terbaru. Seri GT ini dibandrol dengan harga Rp17.300.000 untuk OTR Jakarta. Spesifikasi lengkap Yamaha Mio seri GT bisa Anda lihat di laman yamaha-motor.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *