Lengkapi Pola Hidup Sehat dengan 5 Makanan Gizi Seimbang

Setiap orang yang menginginkan hidup panjang, biasanya akan menjaga kesehatan dari segi makanannya. Meskipun tidak menutup kemungkinan dilakukan dengan cara lain seperti olahraga, ataupun istirahat yang cukup. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai makanan gizi seimbang yang bisa membantu Anda menerapkan gaya hidup sehat.

1.             Makanan Pokok

Apakah Anda masih ingat bahwasannya ada istilah 4 sehat 5 sempurna? Poin pertama adalah tentu makan makanan pokok. Setiap negara pasti memiliki pola makan secara ideal yang berbeda-beda. Adanya pola makan ideal yang berbeda-beda ini dipengaruhi oleh faktor sumber daya alam, kondisi fisik, ras, serta kebutuhan gizi.

Masyakarat Indonesia sendiri makanan pokoknya adalah nasi. Namun, untuk mencukupi kebutuhan gizi secara optimal, makanan pokok berupa nasi ini bisa diganti. Misalnya dengan jagung, kentang, ubi dan umbi-umbian lainnya. Jika memungkinkan makan dengan oats tidak ada salahnya dicoba. Biasanya porsi untuk mengonsumsi makanan pokok ini adalah 3 kali dalam sehari.

2.             Buah dan sayur

Kementrian Kesehatan RI telah menyempurnakan konsep 4 sehat 5 sempurna tersebut melalui Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Pedoman ini terdiri dari berbagai lapisan. Salah satu lapisan yang ada di dalamnya adalah mengenai buah dan sayuran. Di sini dijelaskan mengenai banyaknya jumlah sayuran daripada buah-buahan.

Sedangkan porsi yang disarankan untuk dikonsumsi adalah 3-4 porsi sayur sehari dan 2-3 porsi buah sehari. Misalnya, Anda dapat mengonsumsi nasi dengan sayur di pagi hari disertai buah potong. Kemudaian menu nasi dengan capcay pada waktu siang harinya.Pada waktu malam Anda bisa makan kentang dan salad buah.

3.             Protein

Menu makanan berikutnya adalah makanan dengan berbagai sumber protein hewani. Misalnya sumber protein dari ikan, ayam, daging, telur, susu, dan lainnya. Tidak hanya itu, sumber protein juga bisa ditemukan pada protenin nabati. Misalnya dari karang-kacangan, tempe, tahu dan lain sbagainya.

Porsi yang dibutuhkan untuk mengonsumsi protein yang disarankan adalah 2-4 porsi setiap harinya. Misalnya pada pagi hari Anda mengonsumsi 1 butir telur. Baik direbus atau diolah secara lainnya. Kemudian pada siang hari Anda bisa memilih 1 potong daging ayam. Sedangkan pada malam harinya, Anda bisa membuat 1 gelas susu untuk disantap bersama makanan pokok dan menu sayuran lainnya.

4.             Air Putih

Apabila dalam konsep 4 Sehat 5 Sempurna tidak terlalu dijelaskan dengan mendetail mengenaipengonsumsian air putih, maka melalui pedoman gizi seimbang dianjurkan bahkan ditekankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter air. Hal ini setara dengan 8 gelasukuran 220ml. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan air putih yang bersih.

5.             Batasi Manis, Asin, Minyak

Pada pedoman gizi seimbang, segala jenis gula, garam dan minyakpenggunaannya dibatasi sebanyak 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam dan 5 sendok minyak. Oleh karena itu, selain memerhatikan penggunaannya, pada saat memasak Anda juga harus memerhatikan kadar gula, garam, minyak yang dipakai.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan gizi seimbang yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa perhatikan dengan benar serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sakit dan memerlukan cukup asupan gula, maka Anda harus mengonsumsinya dengan tepat. Jika tidak terlalu dibutuhkan, Anda bisa menggunakan gula secukupnya. Jadi, kembalikan pada kondisi tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *