Fungsi dan Manfaat Kolin Bagi Kesehatan Tubuh

Kolin merupakan senyawa kimia larut air yang memiliki fungsi hampir mirip dengan vitamin. Bahkan nutrisi yang satu ini juga masih berhubungan dengan asam folat dan vitamin B kompleks. Senyawa yang satu ini juga memiliki fungsi dan peranan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak.

Menjaga Kesehatan Otak

Ternyata senyawa yang satu ini juga dapat membantu mempertajam ingatan dan mengatur mood. Terlebih lagi sebuah penelitian membuktikan jika makanan yang kaya akan kandungan kolin sangat efektif untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif otak sekaligus membantu mempertajam penyimpanan memori verbal dan visual.

Menjaga Fungsi Hati

Ternyata senyawa yang satu ini juga mampu menjaga fungsi hati agar tetap bekerja dengan baik. Peranan senyawa yang satu ini juga terbilang cukup penting yakni untuk mengangkut kolesterol dari hati. Kekurangan senyawa ini dapat menyebabkan kolesterol dan lemak terakumulasi di hati yang dapat memicu pembengkakan dan pelemakan hati yang menjadi tanda awal kerusakan hati.

Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa yang satu ini juga berperan untuk mengendalikan kadar homosistein dalam darah. Sebab jika kadar homosistein dalam darah terlalu tinggi, hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu saja, peningkatan kadar homosistein juga ikut memicu terjadinya aterosklerosis dan trombogenesis.

Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat

Senyawa yang satu ini ternyata juga sangat penting bagi kesehatan ibu hamil. Sebab asupan nutrisi ini dapat membantu tumbuh kembang organ penting dalam janin agar dapat berjalan lebih maksimal. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian juga membuktikan jika asupan kolinĀ  juga ikut membantu mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf.

Pembentukan Membran Sel

Sebenarnya apa sih dari membran sel pada otak? Pada dasarnya membran sel pada otak berfungsi untuk menjaga kesehatan otak sekaligus menambah kecerdasan. Tak mengherankan jika ibu hamil dan ibu menyusui membutuhkan asupan senyawa ini guna membentuk membran sel otak. Tak hanya itu, hal ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengencerkan otak agar pintar.

Sebagai Nutrisi Otak

Tak hanya menyehatkan otak saja, senyawa yang satu ini juga bermanfaat untuk menutrisi otak. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena senyawa yang satu ini sangat bermanfaat untuk proses pembentukan phosphatidylcholine dan sphingomyelin yang merupakan jaringan saraf pada otak.

Mengurangi Risiko Peradangan

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otak, jantung, dan hati, senyawa yang satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko peradangan pada tubuh. Hal ini disebabkan karena senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi yang mampu membantu menurunkan risiko terjadinya peradangan.

Sebagai Sumber Penghasil Energi

Tanpa disadari ternyata senyawa yang satu ini juga bisa menjadi sumber penghasil energi dalam tubuh lo. Sebab senyawa yang satu ini bekerja membantu mengubah lemak menjadi protein. Bahkan cara yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai langkah yang cukup efektif untuk membakar lemak dalam tubuh.

Mencegah Penumpukan Lemak dalam Tubuh

Ya seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa senyawa yang satu ini mampu membantu mengubah lemak menjadi energi. Jika hal yang satu ini berlangsung secara terus menerus, maka senyawa ini juga efektif untuk mencegah penumpukan lemak dalam tubuh sekaligus mencegah berbagai penyakit yang disebabkan karena penumpukan lemak dalam tubuh.

Ternyata kolin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mencegah timbulnya penyakit berbahaya hingga mencerdaskan otak. Jadi pastikan Anda rutin mengonsumsi berbagai bahan makanan yang kaya akan senyawa yang satu ini agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *