5 Upaya Dan Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Mudah Dan Patut Dicoba

Saat anda perhatikan bagian mulut dan gigi, ada terdapat flak yang menempel pada permukaan gigi dan bersifat keras, maka bisa jadi ini adalah karang gigi. Karang gigi terjadi akibat gigi yang tidak dibersihkan secara teratur, dimana seringkali sisa-sisa makanan menempel dalam waktu lama. Dalam kurun waktu tertentu, kebiasaan tidak membersihkan gigi secara teratur dan menyeluruh ini akan menimbulkan plak yang mulanya berupa gigi yang terlihat berwarna kuning, lalu lama kelamaan berubah menghitam. Tampilan gigi yang terdapat karang memang terlihat tidak menarik sehingga sebagian orang merasa perlu mencari tahu bagaimana cara membersihkan karang gigi  yang mudah dan efektif. Daripada harus menunggu gigi bermasalah, mengapa tidak melakukan upaya pencegahan?

1.      Usahakan Untuk Menyikat Gigi Secara Teratur

Upaya pencegahan yang pertama dan utama untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat adalah dengan menyikatnya secara teratur minimal 2x sehari, pagi dan malam. Boleh juga lebih dari 2 kali misalnya 3x sehari sehabis makan. Agar gigi benar-benar bersih, lakukan cara menyikat gigi yang benar dan baik serta pilih sikat gigi yang tepat. Para ahli menyarankan lamanya waktu menyikat gigi sebaiknya minimal 2 menit, dimana dalam waktu 2 menit ini dibagi menjadi 4 bagian yang masing-masing bagian lamanya 30 detik.

2.      Terapkan Teknik Menyikat Gigi Yang Benar

Banyak orang yang asal-asalan dalam menyikat gigi tanpa memperhatikan kaidah atau teknik menyikat gigi yang benar. Bagaimana cara menyikat gigi yang benar? Caranya yaitu dengan melakukan gerakan sikat memutar dari atas hingga ke bawah dan dilakukan secara berulang. Menerapkan teknik menyikat gigi yang benar, tidak hanya mampu membuat gigi jadi bersih menyeluruh, tetapi juga menghindarkan gusi dari kerusakan atau luka. Hal lainnya yang perlu diperhatikan selain teknik menyikat adalah kekuatan, hindari menyikat gigi terlalu keras karena hal ini berpotensi menyebabkan lapisan gigi terkikis.

3.      Bersihkan Sela Gigi Dengan Flossing

Terkadang, membersihkan gigi menggunakan sikat tidaklah cukup untuk benar-benar menghilangkan sisa makanan yang menempel pada sela gigi. Biasanya, usai makan daging atau jenis makanan yang berserat halus, membuat sela gigi jadi terasa mengganjal akibat ada sisa makanan yang tertinggal. Untuk mengatasi masalah ini, jangan gunakan benda sembarangan. Lakukan pembersihan sela gigi menggunakan benang atau istilahnya flossing. Kini sudah tersedia benang khusus gigi yang memang diperuntukkan untuk membersihkan bagian-bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat. Lakukan pembersihan menggunakan teknik flossing ini untuk mencegah terjadinya masalah pada gusi dan mengindari mulut dari bau tidak sedap.

4.      Bersihkan Lidah

Salah satu bagian pada mulut yang sering menjadi tempat bakteri hinggap adalah lidah. Untuk itulah, penting membersihkan bagian permukaan lidah saat membersihkan gigi. Gunakan alat pembersih lidah khusus yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Jika tidak punya alat pembersih lidah, bisa juga menggunakan sikat gigi. Sikat bagian permukaan lidah yang terlihat putih hingga bersih. Rutin membersihkan permukaan lidah mampu membuat mulut terasa lebih segar, bersih dan bebas dari bau.

5.      Pakailah Obat Kumur

Cara membersihkan karang gigi lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash. Ada beragam jenis obat kumur yang bisa dipilih, rata-rata obat kumur memiliki rasa yang pedas seperti mint dan juga sensasi dingin sehingga ketika usai menggunakannya, mulut jadi terasa lebih fresh dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *