5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Memilih Asuransi Untuk Orang Tua

Sebagai seorang anak yang kian beranjak dewasa dan mulai mapan dalam hal finansial, sudah seharusnya memikirkan kenyamanan untuk orang tua, terlebih jika orang tua masih ada. Tanpa disadari, saat seorang anak bertambah dewasa, maka orang tua justru semakin hari semakin tua dan berkurang usianya. Maka, tidak salah jika ada sebagian anak yang ingin memberikan hadiah kepada orang tua mereka dalam bentuk asuransi untuk orangtua. Namun, sebelum menentukan produk asuransi apa yang tepat untuk orang tua, sebaiknya perhatikan beberapa tips ini.

1.      Ketahui Riwayat Penyakit Orang Tua

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika umur sudah tua, maka berbagai penyakit mudah menghampiri. Untuk menentukan asuransi apa yang tepat untuk digunakan orang tua, ketahui apa saja riwayat penyakit mereka. Ajaklah orang tua untuk melakukan check up secara menyeluruh untuk mengetahui secara jelas kemungkinan penyakit yang diderita.

2.      Asuransi Untuk Penyakit Kritis

Jika memang orang tua memiliki riwayat penyakit kritis seperti misalnya jantung, kanker dan lainnya, maka sudah seharusnya memilih asuransi yang dapat meng-cover jenis penyakit yang diderita orang tua. Hal ini akan sangat bermanfaat nantinya jika sewaktu-waktu orang tua harus menjalani perawatan atau rawat inap.

3.      Perhatikan Batasan Usia

Pada masing-masing perusahaan asuransi, memiliki batasan usia serta masa proteksi yang berbeda-beda. Untuk itu, tanyakan dan ketahui terlebih dahulu mengenai hal ini. Umumnya, usia maksimal yang diperbolehkan untuk memiliki polis asuransi berkisar antara 50-70 tahun. Jadi, pastikan terlebih dahulu usia orang tua masuk dalam persyaratan batas usia yang ditentukan oleh perusahaan asuransi.

4.      Jeli Dalam Memilih Fitur

Ada beberapa fitur yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi, meski banyak yang terlihat menarik, sebaiknya tetap jeli dalam memilih fitur mana yang memang sangat diperlukan dan bermanfaat untuk kebutuhan orang tua.

5.      Memahami Polis Asuransi

Tips yang terakhir adalah memahami polis asuransi yang akan dipilih. Ketahui secara jelas berbagai hal penting terkait asuransi, jangan sampai anda menandatangani polis namun masih belum paham sepenuhnya mengenai isi polis asuransi itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *